Macam Karya Inovatif
Lampiran Permenpan No: PER/16/M.PAN-RB/11/2009 , 10 November 2009
3. KARYA INOVATIF
3.1 Menemukan Teknologi Tepat guna (Membuat karya sains/ teknologi )
3.2. Menciptakan Karya Seni
3.3 Membuat/ memodifikasi alat pelajaran/ peraga/ praktikum
3.4 Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya
ARTI KARYA INOVATIF (Yang Memiliki Sifat Pembaharuan)
Membuat atau menciptakan sesuatu yang baru, yang belum pernah ada sebelumnya
Memperbaharui sesuatu yang sudah ada sebelumnya
LATAR BELAKANG
Menghargai hasil karya guru selain Publikasi Ilmiah yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat
perbedaan Karya Inovatif dengan Publikasi Ilmiah?
Yang dinilai adalah : hasil karya berupa “barang” tertentu, yang dapat
dikirimkan atau tidak dapat dikirimkan dan diwakili oleh foto atau film
yang dikirimkan
Penilaian melalui Laporan Pembuatan/Penciptaan dan Penggunaan
3.1. menemukan teknologi tepat guna
Karya sain yang digunakan di SEKOLAH
Memudahkan pembelajaran/pendidikan
Media pembelajaran, dll
Bermanfaat dan ada unsur inovasi/memodifikasi
Kriteria teknologi tepat guna
Kompleks :
Inovasi tinggi, sulit, alur kerja rumit, modifikasi tinggi AK 4
Sederhana :
Inovasi rendah, kurang sulit, sederhana AK 2
Jenis karya sains
Media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis komputer (untuk setiap standar kompetensi atau beberapa kompetensi dasar )
Program aplikasi komputer (untuk setiap aplikasi)
Alat/mesin bagi pendidikan atau masyarakat (untuk setiap unit alat/mesin)
Bahan tertentu hasil penemuan baru atau modifikasi (untuk setiap jenis bahan)
Konstruksi untuk keperluan bidang pendidikan atau kemasyarakatan (untuk setiap konstruksi)
Hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi (untuk setiap hasil eksperimen)
Bukti fisiknya LAPORAN tentang
cara pembuatan dan penggunaan alat/mesin, dilengkapi dengan gambar/foto
karya teknologi tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu.
cara pembuatan dan penggunaan media pembelajaran/bahan ajar interaktif
berbasis komputer , dilengkapi dengan hasil pembuatan media
pembelajaran/bahan ajar tersebut dalam cakram padat (compact disk/CD).
Laporan hasil eksperimen/percobaan sains/teknologi , dilengkapi dengan
uraian persiapan, pelaksanaan dan hasil eksperimen/ percobaan, dan foto
saat melakukan eksperimen.
Lembar Pengesahan/Pernyataan dari
Kepala Sekolah bahwa karya teknologi tersebut dipergunakan di sekolah
atau di lingkungan masyarakat.
Format Laporan yang berupa Alat/Bahan/Konstruksi/Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Halaman judul
Halaman pengesahan oleh kepala sekolah.
Kata pengantar pembuat.
Daftar isi laporan
Daftar gambar
Nama Karya
Tujuan
Manfaat
Rancangan/desain karya dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram
alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan).
Prosedur pembuatan karya (dilengkapi dengan foto pembuatan
Penggunaan karya (dilengkapi dengan foto penggunaan).
Format Laporan yang berupa Eksperimen/ Percobaan Sains/Teknologi
Halaman judul
Halaman pengesahan oleh kepala sekolah.
Kata pengantar pembuat.
Daftar isi laporan
Daftar gambar
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Manfaat
BAB II : LANDASAN TEORI
BAB III : PROSEDUR DAN HASIL EKSPERIMEN
A. Persiapan Eksperimen
B. Pelaksanaan Eksperimen
BAB IV : SIMPULAN DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN :
3.2. menciptakan karya seni
Definisi : ekpresi nilai/gagasan melalui berbagai medium
Diakui oleh masyarakat : dipertunjukkan, diterbitkan, dipamerkan, minimal tk kabupaten/kota
Jenisnya…
Penilaian jenis karya seni ditekankan kepada penciptaan karya seni
secara perorangan atau kolektif, bukan pengulangan atau peniruan.
DEFINISI
proses perefleksian nilai-nilai dan gagasan manusia yang diekspresikan
secara estetik dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi, dan
kata.
Jenis
1. seni sastra (novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, naskah drama/teater/film),
2. seni rupa (a.l.: keramik kecil, benda souvenir, lukisan, patung, ukiran, keramik ukuran besar, baliho, busana),
3. desain grafis (a.l.: sampul buku, poster, brosur, fotografi),
4. seni musik, rekaman, film, dan sebagainya.
5. seni pertunjukan (a.l: teater, tari, sendratasik, ensambel musik), dan sebagainya.
Kerangka isi Laporan Portofolio
1. Sampul depan: judul, nama pencipta, NIP, nama dan logo sekolah
2. Identitas pencipta: nama lengkap, NIP, tempat & tgl. lahir,
pangkat/golongan, jabatan structural, jabatan fungsional, institusi/unit
kerja, alamat unit kerja & rumah, dll yang disahkan oleh kepala
sekolah.
3. Kata pengantar
4. daftar isi, Daftar tabel/gambar
5. Bagian I: Pendahuluan (latar belakang ide penciptaan, makna dan tujuan)
6. Bagian II: Refleksi proses kreatif/penciptaan (bahan, alat, ukuran,
lama pengerjaan, des-kripsi proses kreatif dari prapenciptaan hingga
pascapenciptaan dikuatkan dengan foto-foto dan atau rekaman
audio/audiovisual, dan deskripsi kegiatan pameran/publikasi/ pertunjukan
disertai katalog dan foto-foto dan atau rekaman audiovisual)
7. Bagian III: Penutup
6. Referensi/Kepustakaan (kalau ada)
Lampiran:
a. Biodata ringkas pencipta
b. Surat pernyataan kepala sekolah tentang kebenaran keaslian,
kepemilikan, dan bukti bahwa karya seni tersebut belum pernah diajukan
untuk kenaikan pangkat sebelumnya
c. Bukti pengakuan/rekomendasi
dari dewan kesenian atau organisasi profesi kesenian yang relevan
minimal tingkat kabupaten/kota
d. Bukti lain/pendukung (jika ada), seperti:
Kliping resensi dari media massa cetak/elektronik nasional
Bukti sertifikat/penghargaan memenangkan lomba karya seni dan sebagainya.
3.2. Angka kredit karya seni
a Kategori Kompleks Angka Kredit 4
Kategori Sederhana Angka Kredit 2
3.3. Alat pelajaran, Peraga, Praktikum
Definisi : Alat bantu Proses pembelajaran/BP
Bermanfaat, inovatif, modifikatif,
Jenisnya: alat bantu prsentasi, olahraga, praktik, musik, dll
Kriteria alat bantu pembe-lajaran
Kompleks :
Inovasi tinggi, sulit, alur kerja rumit, modifikasi, biaya, waktu tinggi
Sederhana :
Inovasi rendah, kurang sulit, sederhana, waktu, biaya, relatif rendah
Pembuatan dan Pengunaan ALAT PELAJARAN
Definisi
Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancaran
proses pembelajaran/ bimbingan pada khususnya dan proses pendidikan di
sekolah pada umumnya.
Jenis Alat Pelajaran
Alat bantu presentasi (contoh: papan tulis inovatif, proyektor sederhana dan sejenisnya)
Alat bantu olahraga (contoh: alat bantu loncat tinggi, alat bantu senam dan sejenisnya)
Alat bantu praktik (contoh: alat penepat pengeboran (jig), alat
penjepit (fixtures), panel listrik, adjustable power suply dan
sejenisnya)
Alat lain yang membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan atau pendidikan di sekolah.
Ciri KHUSUS
bermanfaat untuk pelajaran/ bimbingan di sekolah (di dalam maupun di luar ruang kelas)
ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.
Bukti fisik LAPORAN tentang...
cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran yang dilengkapi dengan
gambar/foto alat pelajaran tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu.
Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah bahwa alat pelajaran tersebut dipergunakan di sekolah.
Pembuatan dan Pengunaan ALAT PERAGA
Definisi
Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/ teori/
cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran atau
bimbingan.
Jenis
Poster/gambar untuk pelajaran
Alat permainan pendidikan
Model benda/barang atau alat tertentu
Benda potongan (cutaway object)
Film/video pelajaran
Gambar animasi komputer
Ciri Alat Peraga
memperjelas konsep/teori/ cara kerja suatu alat
ada unsur modifikasi/ inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.
Bukti fisik
Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang
dilengkapi dengan gambar/foto alat peraga tersebut dan lain-lain yang
dianggap perlu.
Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah bahwa alat peraga tersebut dipergunakan di sekolah.
Pembuatan dan Pengunaan ALAT PRAKTIKUM
Definisi
Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains, teknik, bahasa, ilmu sosial, humaniora dan keilmuan lainnya.
Jenis alat praktikum
Alat praktikum sains (fisika, kimia, biologi)
Alat praktikum teknik (mesin, listrik, sipill, bahasa, ilmu sosial, humaniora dan lainnya.
Ciri-ciri Alat Praktikum
dapat digunakan untuk praktikum di sekolah
ada unsur modifikasi/ inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.
Bukti fisik
Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum
yang dilengkapi dengan gambar/foto alat praktikum tersebut dan lain-lain
yang dianggap perlu.
Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah bahwa alat praktikum tersebut dipergunakan di sekolah
Format Laporan Pembuatan Alat Pelajaran/Peraga/Praktikum
Halaman judul
Halaman pengesahan oleh kepala sekolah.
Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat pelajaran ini benar-benar asli hasil karyanya.
Kata pengantar pembuat.
Daftar isi laporan
Daftar gambar
Nama Alat
Tujuan
Manfaat
Rancangan/desain alat dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram
alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan).
Prosedur pembuatan alat (dilengkapi dengan foto pembuatan
Penggunaan alat di sekolah (dilengkapi dengan foto penggunaan).
Laporan Hasil Pengembangan Metodologi Pembelajaran/Penilaian
Berupa Makalah/Buku Uraian Metodologi Pembelajaran/ Penilaian
Metodologi yang dikembangkan bersifat inovasi (pengembangan dari yang sudah ada atau hal baru)
Sudah diujicobakan/digunakan di sekolah
Ada bukti uji coba/penggunaan berupa foto
Disyahkan oleh kepala sekolah
3.2 Membuat/modifikasi alat pelajaran/peraga/ praktikum
a Membuat alat pelajaran Kategori kompleks Angka Kredit 2
Kategori sederhana Angka Kredit 1
b Membuat alat peraga Kategori kompleks 2
Kategori sederhana Angka Kredit 1
C Membuat alat praktikum Kategori kompleks 4
Kategori sederhana Angka Kredit 2
3.4. Penyusunan Standar, Pedoman, Soal, dll
(soal UN, standar pendidikan, dll )
Guru terlibat aktif di tingkat NASIONAL atau PROPINSi
Perhatikan : Kerangka isi laporan dan BUKTI FISIK
Angka kredit 1
Menilai kegiatan penyusunan
laporan kegiatan
surat tugas
sertifikat/surat keikutertaan dalam kegiatan
bukti hasil kerja
dinilai hanya satu kegiatan (untuk yang berulang
Fakta tentang KARYA INOVATIF (saat ini)
Baru sekitar 10-20%
Padahal banyak guru yang telah mampu berbagai membuat Alat Peraga /Media Pembelajaran
Agar dapat dinilai
ASLI, lengkapi bukti fisik (dokumen, foto, surat, pernyataan, serta bukti lain)
Laporan yang jelas tentang bagaimana pembuatan/ penciptaan dan penggunaan, lihat kerangka isi!
Belum ada tanggapan untuk "KARYA INOVATIF"
Post a Comment