|
RPP yang efisien, efektif dan lengkap berbasis penelitian tindakan kelas. |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya
agar pembelajaran dapat dilaksanakan secara efisien, efektif dan
lengkap.Yang dimaksud dengan efisien adalah pelaksanaan pembelajaran
sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan untuk setiap kali pertemuan
atau setiap kali pembelajaran dilakukan.
Yang disebut efektif
adalah pembelajaran yang dilakukan akan menimbulkan kemampuan menguasai
tujuan pembelajaran bagi siswa. Dan yang dimaksud dengan lengkap adalah
setiap kali melaksanakan pembelajaran dapat dilaksanakan proses
pembelajaran dan pengukuran hasilnya meliputi pengukuran aspek sikap,
pengukuran aspek pengetahuan dan pengukuran aspek keterampilan siswa.
selain itu diukur juga mutu pelaksanaan pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sebuah penelitian yang
dilakukan di dalam kelas bertujuan memperbaiki mutu pembelajaran yang
dapat diukur dengan adanya perubahan aspek yang diteliti ke arah yang
lebih meningkat. Perubahan aspek yang diteliti dapat dilihat dari hasil
analisis data yang dikumpulkan dengan menggunakan alat pengumpulan data
seperti lembar pengamatan, lembar tes,lembar skala sikap dan wawancara.
RPP yang efisien, efektif dan lengkap berbasis penelitian tindakan
kelas merupakan sebuah pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran
di kelas yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1).Adanya
tujuan pembelajaran yang lengkap dan dapat diukur hasilnya. Disebut
lengkap artinya ada rumusan tujuan pembelajaran yang mengukur aspek
sikap siwa, ada rumusan tujuan pembelajaran yang akan mengukur aspek
pengetahuan siswa dan ada rumusan tujuan pembelajaran untuk mengukur
aspek keterampilan siswa. Sebagai contohnya dapat dilihat sebagai
berikut:
Indikator pencapaian kompetensi Dasar: Siswa mampu
menentukan FPB bilangan bulat positif dengan menggunakan perkalian
faktor prima.
Rumusan tujuan pembelajarannya adalah:
a.Aspek sikap siswa.
1.Siswa mampu menunjukkan sikap aktif dalam pembelajaran.
2.Siswa mampu menunjukkan sikap kerjasama dalam pembelajaran.
3.Siswa mampu menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran.
b.Aspek pengetahuan.
1.Siswa mampu menentukan FPB dari dua bilangan bulat positif dua angka dengan menggunakan perkalian faktor prima.
2.Siswa mampu menentukan FPB dari tiga bilangan bulat positif dua angka dengan menggunakan perkalian faktor prima.
c.Aspek keterampilan.
1.Siswa mampu menunjukkan kebersihan hasil pekerjaan.
2.Siswa mampu menunjukkan kerapihan hasil pekerjaan.
2).Adanya data yang harus dikumpulkan untuk setiap kali melaksanakan
pembelajaran meliputi data aspek sikap siswa,aspek pengetahuan
siswa,aspek keterampilan siswa serta aspek mutu pembelajaran yang
dilakukan.
3).Adanya alat pengumpulan data untuk setiap kali
melaksanakan pembelajaran meliputi alat untuk mengukur aspek sikap
siswa, aspek pengetahuan siswa dan aspek keterampilan siswa, juga alat
untuk mengukur mutu pembelajaran bagi siswa.
4).Adanya lembar
analisis data yang telah dikumpulkan.Hasil analisis ini digunakan untuk
mencermati pengaruh pelaksanaan pembelajaran terhadap penguasaan tujuan
pembelajaran bagi siswa, apakah pengaruhnya tetap, berkurang atau
meningkat, juga digunakan sebagai bahan refleksi bagi guru terhadap mutu
pembelajaran yaitu apakah mutu pembelajaran tetap, berkurang atau
meningkat.
Adanya kenyataan bahwa
RPP
yang disusun guru masih ada yang belum efisien, belum efektif dan belum
lengkap. Hal ini dapat diamati adanya pelaksanaan pembelajaran yang
materi pelajaran belum selesai sementara waktu pelajaran telah habis,
adanya rumusan tujuan pembelajaran yang belum lengkap, adanya pengukuran
kemampuan siswa yang menekankan pada satu aspek saja, belum adanya
pengumpulan data pencapaian tujuan pembelajaran,belum adanya alat
pengumpulan data,belum adanya analisis pencapaian tujuan pembelajaran
dan belum adanya pengumpulan dan analisis data terkait mutu pelaksanaan
pembelajaran.
Penyebab adanya kenyataan tersebut adalah adanya
guru belum berusaha memperbaiki mutu proses dan hasil
pembelajaran,adanya pengetahuan yang kurang memadai tentang menyusun
perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang bermutu, kurangnya peran wadah
KKG, kurangnya keterlibatan guru dalam kegiatan profesi dan kurangnya
kesempatan bagi guru untuk ikut serta dalam kegiatan ilmiah. Sebagai
solusinya, guru perlu meningkatkan kemampuannya dan ditingkatkan
kemampuannya menyusun RPP yang efisien, efektif dan lengkap berbasis
penelitian tindakan kelas.
Akhirnya, mudah-mudahan tulisan ini
dapat berguna bagi penulis sendiri, teman-teman guru di SDK Rokap
Kecamatan Macang Pacar kabupten Manggarai Barat dan teman-teman guru
lainnya serta pemerintah sekiranya berkenan.
*) Ditulis dan
dikirim oleh Aloysius Lega. Guru dan Kepala Sekolah Dasar Katolik Rokap
di Kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat Propinsi Nusa
Tenggara Timur. [SekolahDasar.Net | 05/07/2015]
Belum ada tanggapan untuk "Menyusun RPP yang Efisien dan Lengkap penting..?"
Post a Comment